Minggu, 11 Oktober 2009

Kemacetan Dalam Perjalanan ke Jawa Timur

Beberapa hari menjelang lebaran pasti banyak masyarakat yang pergi ke Jawa Timur dengan bertujuan silahturahmi dan bisa juga rindu dengan kampung halaman. Tetapi, masyarakat tidak akan merasa nyaman dalam perjalanan pulang kampung (mudik) ini karena adanya kemacetan yang membuat masyarakat itu sendiri merasa tidak nyaman dalam perjalanannya.

Kemacetan ketika menjelang lebaran memang sudah pasti terjadi , hal ini terjadi setiap setahun sekali. Ini sudah lazim terjadi, awal – awal kemacetan dimulai dari jalan tol Cikampek sampai Cirebon dan bahkan bisa sampai perbatasan dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur. Ini disebabkan oleh padatnya kendaraan – kendaraan yang pergi menuju ke Jawa Timur, apalagi padatnya bus dan truk yang berjalan dengan seenak hatinya. Dan buruknya, jarang sekali ada polisi yang berjaga disekitar perjalanan dari Jawa Barat sampai Jawa Timur. Apalagi ditambah dengan banyaknya ruas jalan yang rusak. Ini juga bisa membuat kendaraan bisa menjadi rusak.

Pemerintah seharusnya langsung mengambil tindakan untuk bisa memperbaiki ruas – ruas jalan dalam waktu dekat sebelum menjelang lebaran, agar masyarakat yang pergi mudik menuju daerah Jawa Timur dapat merasa nyaman, santai, dan aman. Dalam keadaan jalan yang seperti ini, tidak menutup kemungkinan akan resiko terjadinya kecelakaan kendaraan yang bisa mengakibatkan kemacetan bahkan menelan korban jiwa. Terlebih para pengendara motor yang juga harus lebih atau ekstra hati – hati dalam mengendarai kendaarannya dengan mematuhi semua peraturan lalu lintas serta melajukan kendaraanya dalam kecepatan yang normal saja.

Kemacetan memang sudah menjadi hal biasa yang terjadi dalam waktu menjelang bahkan sesudah lebaran tiba. Jadi, seharusnya pemerintah bisa membantu para pemudik dalam perjalanan ke kampung halamannya. Jumlah polisi harus lebih ditambahkan lagi dalam menghadapi kemacetan ini, terutama pada ruas – ruas jalan atau spot yang sering mengalami kemacetan. Selain itu, pemerintah juga harus dengan segera memperbaiki ruas jalan yang rusak agar tidak ada lagi kecelakaan dan kemacetan yang sering terjadi dalam arus lalu lintas mudik lebaran baik pada tahun ini dan tahun – tahun berikutnya. Jika perlu, pemerintah juga bisa mengambil alternatif dalam upaya mengatasi kemacetan dengan memperlebar ruas jalan yang di anggap sempit sekaligus menjadi spot kemacetan agar tidak terjadi lagi kepadatan kendaraan yang menumpuk. Dan bila mungkin pemerintah juga bisa membuat jalan tol tambahan agar tidak ada lagi kemacetan dan kepadatan kendaraan di jalur lalu lintas menuju Jawa Timur.

2 comments:

  1. sipppp..... wah, sepertinya kamu kurang puas ya dengan peran pemerintah? bukannya pemerintah dan polisi sudah bekerja keras jg? n seperti pembuatan jalan tol, itu bukan hal yang mudah, mulai dari membebaskan lahan, pembuatan jalan, dll... cobalah menganalisa diri kita jg... apakah kita sudah bayar pajak? he...he....

    kamu bisa update, misalkan apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kemacetan itu supaya tidak jenuh? apa yang terjadi selama perjalanan, kamu bisa menganalisanya dan menjadi bahan untuk pengembangan... gmn? update terus ya....

    BalasHapus
  2. waaaah,,pajak mah selalu saya bayar buu (padahal mah orang tua yang bayarin )...
    hehe....

    oke bu...
    insya Allah akan saya update terus...
    terima kasih bu....

    BalasHapus